Senin, 22 September 2008

VNC (Virtual Network Computing)

Merekam gambar layar berukuran besar dengan VNC

Antara sebuah "tip" dan artikel, pada kesempatan ini penulis akan memperlihatkan cara membuat perekam gambar pada monitor berukuran besar. Perekaman menggunakan VNC virtual desktop. Tidak ada sihir, hanyalah sebuah petunjuk bagi siapa pun yang tidak mengetahui kelebihan VNC.

Saya tidak perlu menjelaskan lagi mengenai Virtual Network Computing yang sudah ada di web [2]. Singkatnya, sebuah desktop(output layar, input keyboard dan mouse) digunakan bersama-sama dalam sebuah jaringan. Komputer yang desktop-nya ingin digunakan bersama-sama menggunakan VNC server. Desktop komputer yang ingin anda lihat dan kendalikan dalam sebuah jendela menggunakan VNC client. VNC pertama kali dikembangkan di University of Cambridge, Inggris dan AT&T. Markas besar VNC sekarang terletak di perusahaan RealVNC yang berasal dari Inggris [3]. VNC protocol tidak hanya gratis, tetapi juga bisa digunakan pada berbagai sistem operasi. Anda bisa mengendalikan desktop Mac OS X dari GNU/Linux dan sebaliknya. Di samping itu terdapat banyak peralatan dan gagasan seputar VNC.

Pada Microsoft Windows dan Mac OS X, anda hanya memiliki sebuah desktop. Pada Unix dan GNU/Linux anda bisa membuat desktop lainnya (walau pun terdaapt program untuk menjalankan desktop yang akan digunakan bersama-sama [4]), pada saat yang sama anda juga bisa memiliki X server pada komputer tersebut. Sebenarnya VNC desktop yang baru adalah X desktop yang "dibungkus" oleh VNC. Jika komputer anda menjalankan firewall atau jika anda ingin mengamankan komunikasi, anda bisa menggunakan SSH untuk koneksi VNC (disediakan oleh komputer yang anda hubungkan ke komputer pusat jaringan server SSH) [5].

VNC server yang menerima pada port 5900
VNC (Virtual Network Computing) adalah sebuah software akses jarak jauh yang membuat kita dapat menampilkan dan berinteraksi dengan sebuah komputer (dinamakan "server") menggunakan sebuah program sederhana (dinamakan "viewer") melalui komputer lain dimanapun melalui Internet. Selain di Internet (tentunya menggunakan IP Address tertentu), VNC dapat juga digunakan di jaringan intranet atau jaringan lain (direct cable misalnya) yang menggunakan koneksi TCP-IP. Kedua komputer tidak harus memiliki sistem operasi yang sama, Sebagai contoh, kita dapat menggunakan VNC untuk mengakses komputer dengan sistem operasi Linux yang ada dikantor menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows dirumah.

0 komentar:

 
© free template by Blogspot tutorial